Senin, 17 Agustus 2009

Patung I Gusti Ngurah Rai, Perjalanan Perjuangannya Perlu Ditampilkan




Di sisi timur simpang tiga Jalan Raya Airport Ngurah Rai Jl. I Gusti Ngurah Rai (by pass jurusan Nusa Dua) Bali, berdiri patung diri I Gusti Ngurah Rai-sosok pahlawan nasional asal Bali yang dikenal di seantero Nusantara. Spirit bergerilya dan niat bakti yang tulus membela bangsa dan Negara, menyatakan “api” keberanian yang tak tanggung-tanggung, “Merdeka atau Mati”. Sehubungan dengan Hari Puputan Margarana 20 November , ada baiknya sekilas diulas dan disimak kembali tentang apa yang tersirat dan tersurat dari patung pahlawan ini.


LANDASAN dari patung pahlawan I Gusti Ngurah Rai ini dirancang oleh arsitek Ir. Robi Sularto (alm). Pada prinsipnya, landasan patung itu terdiri dari tiga tipe atau kelompok anak tangga (undag) dan satu bagian alas yang berada langsung di bawah patung. Ukuran ketinggian masing-masing anak tangga berada di setiap kelompok anak tangga.


Tujuh anak tangga pada dasar paling nawah terdiri atas 8 (delapan) buah anak tangga, berbentuk setengah lingkaran. Bagian lengkung mengelilingi sisi kiri, belakang dan sisi kanan. Di lapisan landasan kedua, dimensi ketinggian masing-masing anak tangga kelihatan lebih tipis (rendah), terdiri atas 7 (tujuh) buah anak tangga. Kelompok anak tangga pada bagian ini berpola lingkaran penuh.


Pada kelompok anak tangga di atasnya, undagnya berjumlah 5 (lima) anak tangga, denahnya berpola segi empat terpancung. Di atas kelompok anak tangga inilah berdiri landasan yang tertinggi (tempat berdiri patung) berbahan marmer warna abu-abu. Tampaknya beberapa bagian marmer di permukaannya-saat ini-terlihat lepas atau mengelupas. Bentuk dasarnya juga segi empat terpancung, semakin ke atas kian menguncup.


Jika masing-masinganak tangga tersebut ditambahkan, totalnya berjumlah 20 (dua puluh) anak tangga (8+7+5). Boleh jadi angka 20 itu bermakna sebagai tanggal terjadinya peristiwa histories “Puputan” yakni pada 20 Nopember 1946.


Sementara patung yang terwujud dari buah tangan pematung Surya Pranawa ini, mungkin dari bentuk fisik sudah bisa dikatakan menyuratkan sosok pahlawannya. Namun bagaimana mengenai spirit atau taksu (kharisma) patung yang dipancarkannya?


Batas Tipis


Nah, dalam proses pembuatan patung yang dikerjakan di Yogyakarta ini, tak kalah penting peranan dari I Gusti Ngurah Pindha (alm), mantan anggota pasukan pimpinan I Gusti Ngurah Rai, selaku nara sumber bagi pematung, pemberi gambaran sosok dan tabiat mulia-berwibawa dari pahlawan I Gusti Ngurah Rai.


Dari tatanan ruang (spasial), tampaknya patung ini hanya memiliki batas yang amat tipis dengan jalan. Konsep ruang lokal (di Bali), sudahkah menjadi acuan dalam rancangan tapak yang tertuang dalam wujud fisik visual patung pahlawan yang kita hormati ini?


Landasan patung, sedari atas hingga pada lapisan terbawah, sepertinya, tak ada menampilkan ornamen atau ragam hias bercitra Bali. Tak adakah upaya untuk menempatkan relief-relief pada bidang-bidang vertical landasan patungnya? Memvisualisasikan kisah perjalanan perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai yang dikenal dengan “Long March Gunung Agung” bersama anggota pasukan pejuang Bali tidakkah perlu?


Perjalanan panjang “Junu-Juli” diawali dari pertemuan yang terjadi di Sekumpul dan Pangkung Bangka (Buleleng), penyerangan Pos NICA di Lampu (Bangli), Pertempuran di Bon (Badung), pertempuran di Pemuteran, Pesagi dan Tanah Aron (Karangasem) yang terjadi pada Juni dan Juli, hingga puputan Margarana pada 20 Nopember 1946.

Perjalanan historis perjuangan itu mungkin perlu “ditayangkan” dalam media rupa patung pahlawan I Gusti Ngurah Rai.


Di antara perkembangan keramaian lalu lintas dan bangunan-bangunan yang kian menjamur di sekitarnya, keberadaan “visual” patung I Gusti Ngurah Rai tampak makin “tenggelam”. Memang dimensi besar dan ketinggian patung sepatutnya disesuaikan dengan skala jarak pandang. Namun dalam kondisi seperti sekarang, sudah memadaikah? Atau mungkin perlu lebih diangkat landasannya?


Hal ini semestinya sudah diprediksi sebelumnya saat membuat konsep rancangan. Terlebih posisi berdiri patung ini merupakan sebagai titik tangkap garis lurus dari pintu gerbang Bandara Ngurah Rai. Guna lebih menghidupkan citra sebuah patung pahlawan nasional asal Bali, yang dihormati dan dihargai jasa-jasanya.


Nuansa Lokal


Selain itu, tampilan wujud patung beserta landasannya-diharapkan-bernuansa lokal (Bali), mungkin perlu dilengkapi fasilitas untuk aktivitas pengunjug. Semisal ada ruang duduk-duduk, ruang diskusi, tempat beristirahat, atau semacamnya, yang mungkin bisa ditempatkan di belakang lokasi patung. Perihal itu bisa dilakukan tentunya, tanpa merusak lingkungan. Bahkan dengan adanya fasilitas itu lebih mendorong masyarakat untuk senantiasa merawat dan memelihara lingkungan di sekitarnya, seperti adanya banyak pohon ketapang, mangrove, dan sebagainya.


Mungkin, guna lebih mengangkat nilai-nilai magis, spiritual religius, sebagai kearifan lokal yang berlaku di Bali, bisa dilengkapi pula dengan palinggih pamacapa

(penolak bala) di depan posisi patung yang berhadapan dengan jalan lurus Airport Ngurah Rai. Itu lantaran letak patung tersebut berada pada posisi numbak rurung. Boleh jadi diperlukan, terutama bila kemudian disediakan ruang-ruang untuk aktivitas-aktivitas di sekitar atau dibelakangnya.


Nah, apa yang bisa dilestarikan dan dikembangkan ke depan tak lain demi untuk lebih dapat dihayati pewarisan nilai historis perjuangan pahlawan kepada generasi penerusnya. Spirit perjuangan yang tak boleh redup, tak kunjung luntur. Sesuai dengan swadharma masing-masing, hendaknya senantiasa berjuang, bekerja dan berdoa menuju terwujudnya peradaban yang lebih luhur.


I Nyoman Gde Suardana, "Bali Post", Minggu, 20 November 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar